Selasa, 24 April 2012

Daftar Aplikasi Gratis Terbaik Untuk Windows Mobile

·
Walaupun saat ini sedang ramai-ramainya pemberitaan mengenai iPhone dan sistem operasi baru untuk perangkat mobile lainnya, Windows Mobile tetap memiliki pangsa pasar yang besar di industri ponsel pintar. Dan seperti halnya sistem operasi Windows di desktop, Windows Mobile bisa dikostumisasi dengan menambahkan beberapa aplikasi yang berbayar ataupun yang gratis. Di bawah ini ada beberapa aplikasi yang beberapa tersedia secara gratis dan dapat menjadi pilihan terbaik untuk menjalankan tugas tertentu.

Sinkronisasi dan Backup data

Posted Image
Data-data seperti daftar kontak, tugas dan kalender yang ada di Windows Mobile dapat disinkronisasikan dengan data di komputer/laptop Anda. Pastikan Anda menggunakan versi terbaru dari Microsoft Active Sync. Untuk pengguna Mac yang memiliki perangkat Windows Mobile bisa menggunakan SyncMate.
Karena semakin lama orang sangat bergantung dengan perangkat mobile untuk tetap berhubungan dengan dunia luar, sudah sepantasnya kita mengamankan data-data penting di ponsel jika sewaktu-waktu data terhapus atau kehilangan ponsel secara tidak sengaja.

Posted ImageAplikasi gratis PIM Backup juga dapat membantu kita dalam mem-backup jadwal/janji, daftar panggilan, daftar kontak, pesan, speed dial, tugas, folder dan file khusus. Kinerja Pin Backup sangat cepat meskipun data yang di-backup banyak. Fiturnya yang paling berguna di aplikasi ini adalah kemampuannya untuk mem-backup data ke media penyimpanan eksternal seperti MMC, microSD, dan Memory Stick Micro.
Lalu satu lagi aplikasi backup bernama Dashwire yang menawarkan solusi paling lengkap. Dashwire dapat mem-backup foto, video, pesan berupa teks, ringtone, bookmark, speed dial, kontak maupun daftar panggilan. Semua data tersebut dapat diakses melalui situs Dashwire dan dengan mudah dipulihkan ke perangkat mobile melalui koneksi Wi-Fi.




Produktivitas

Kita sudah mengetahui aplikasi yang cocok untuk sinkronisasi dan backup jadwal dan daftar tugas, tetapi bagaimana dengan menampilkan dan mengaturnya dalam ponsel?
Posted ImageTanpa aplikasi tambahan pun sebenarnya Windows Mobile sudah bisa mengatur semuanya itu dengan fitur-fitur dasarnya. Tetapi jika Anda ingin lebih, cobalah Smarter Tasks. Aplikasi ini dapat melakukan tugas secara otomatis sesuai sesuai konfigurasi kita sebelumnya seperti mengirim pesan dan melakukan panggilan kepada seseorang yang ada di daftar kontak pada waktu tertentu.
TaskPlus mungkin tidak sehebat aplikasi sebelumnya, namun aplikasi ini dapat membuat tampilan tugas standar yang ada di Windows Mobile menjadi lebih mudah dikelola dan juga meningkatkan efisiensi dalam pengaturan tugas, janji, dan jadwal penting.




Web Browser

Posted ImageUntuk browsing di dunia maya, Windows Mobile sudah dipersenjatai dengan Internet Explorer. Tapi, jika ingin mendapatkan pengalaman berselancar dan fungsi tambahan yang lebih baik saat berselancar, kita harus menambahkan browser pihak ketiga.
Opera Mobile menyajikan fitur-fitur yang tidak ada di IE seperti tampilan full-screen, zoom dan perpindahan dari satu halaman ke halaman lain dengan mulus. Anda juga dapat memilih tampilan situs seperti layaknya browser di desktop atau menggunakan tampilan skala kecil yang disesuaikan dengan layar perangkat mobile. Browser ini juga terkenal berkinerja tinggi.


>Untuk alternatif IE lainnya, ada Skyfire yang sebelumnya sudah dibahas sushi (sebentar lagi akan memasuki tahap public beta) dan satu lagi Iris Browser yang memiliki kemampuan hampir sama dengan Opera Mobile dengan tambahan fitur screen capture untuk mengambil dan menyimpan tampilan halaman situs ke ponsel.
Posted Image
Mengendalikan Desktop atau Ponsel dari Jauh

Posted ImageMyMobiler memungkinkan kita untuk dapat mengendalikan ponsel melalui desktop. Untuk menggunakannya Anda harus terlebih dahulu menginstal MyMobiler di ponsel maupun PC, selebihnya kontrol dilakukan melalui koneksi Active Sync. Aplikasi ini merupakan solusi atas keinginan setiap orang yang ingin mengatur perangkat Windows Mobile dengan keyboard dan tetikus.
Jika sebaliknya kita ingin mengendalikan PC melalui perangkat Windows Mobile, maka Mobile Remote Desktop bisa menjadi solusinya. Aplikasi ini sanggup melakukan streaming audio dan video dari PC.




Tampilan

Posted ImageJika Anda ingin memiliki tampilan Windows Mobile yang sama dengan beberapa tampilan UI sistem operasi lain, Anda bisa mencoba aplikasi-aplikasi di bawah ini:
Dan jika Anda selalu terbayang-bayang tentang kemudahan navigasi di Apple iPhone, maka Anda bisa menghadirkannya ke dalam perangkat Windows Mobile dengan tutorial ini. Mungkin sedikit rumit, tapi hasilnya menghasilkan UI sangat mirip dengan iPhone dan bisa mengobati kekecewaan Anda yang tidak bisa memiliki iPhone^^.




Hiburan

Posted ImageTujuan awal dari perangkat mobile dengan OS Windows Mobile adalah untuk membantu kita dalam menyelesaikan perkerjaan dan tugas tertentu. Tapi di tengah kesibukan yang terus menerus terkadang kita membutuhkan hiburan untuk menghilangkan beban pikiran sejenak.
Untuk itu dibuatlah aplikasi hiburan yang tersedia untuk perangkat mobile, salah satunya bernama TCPMP (The Core Pocket Media Player). Walaupun proyek pengembangan aplikasi ini telah dihentikan, namun aplikasi hiburan ini telah dipakai dan disukai oleh banyak orang.
TCPMP sanggup menjalankan video dalam format AVI, MP4, ASF, MPEG 1 & 4, WMV, DivX, XviD dan audio dalam format MP3, OGG, dan WAV. Tampilan aplikasi TCPMP ini sederhana dan bersih sehingga mudah dinavigasikan, ditambah dengan penggunaan memorinya yang ringan saat aplikasi ini dijalankan.

0 komentar:

Posting Komentar